Continuous Band Sealer

Continuous Band Saler atau Pengemas Continuous Band Saler adalah mesin pengemas yang di rancang secara khusus untuk menyegel (sealing) kemasan. Kemasan yang bisa di seal adalah kemasan yang berbahan dasar plastik, aluminium foil maupun kemasan dengan perpaduan kedua bahan tersebut.

Continuous Band Sealer FRB-770I hualian main

Mesin ini adalah mesin segel semi automatis yang dilengkapi dengan meja conveyor dan digerakan oleh motor listrik. Artinya, meskipun mesin ini digerakan secara otomatis, namun penggunaannya tetap membutuhkan operator.

 

Kapasitas dari continuous sealer lebih besar bila di bandingkan dengan hand sealer biasa. Maka dari itu, mesin ini direkomendasikan untuk industri yang membutuhkan mesin sealer dalam kapasitas yang besar. Mesin continuous band sealer adalah mesin penyegel kemasan yang berlangsung secara berkesinambungan (continuous).

 

Selain itu, hasil dari penyegelan dari mesin ini memiliki tingkat kerapatan segel yang sangat baik dan memiliki kecepatan seal dengan rate speed 12 meter/menit panjang sealer. Sehingga, apabila kemasan produk berukuran 30 cm produsen dapat mengemas produk mereka rata-rata 40 kemasan permenit.

 

Mesin continuous sealer menghasilkan panas yang dapat merekatkan kemasan antara sisi satu dengan sisi lainnya dengan mudah, Maka dari itu, penggunaan mesin ini hanya membutuhkan satu orang operator saja.

 

Keunggulan lain dari mesin ini adalah, dapat mencetak kode kadaluarsa atau expired date dan juga kode produksi menggunakansistem  emboss. Jadi produsen dapat menghemat biaya karena tidak perlu membeli mesin coding (mesin pencetak kode EXP & MFD).

 

Dengan menggunakan mesin ini, produsen dapat menekan biaya produksi, meminimalisir resiko  kegagalan produksi akibat human error, dan tidak memerlukan banyak operator produksi. Dan tentunya produsen memiliki potensi besar untuk menapai target produksi  secara efisien.

Cara Penggunaan Mesin Continuous Band Sealer :

 

  1. Sebelum menggunakan mesin ini, pastokan tombol mesin berada pada posisi OFF kemudian periksa kabel power dalam keadaan baik. Setelah itu hubungkan kabel mesin dengan saklar listrik lalu Tarik tuas MBC ke posisi ON
  2. Hidupkan semua tombol yang ada pada mesin kecuali Tombol Emergency
  3. Hidupkan dynamo belt kemudian atur speed level conveyor mesin.
  4. Atur panas sealer menggunakan tombol suhu. Sesuaikan suhu dengan ketebalan kemasan yang di gunakan. Selain itu, tingkat panas haruslah disesuaikan dengan kecepatan conveyor.
  5. Apabila di perlukan, hidupkan compressor
  6. Tunggu hingga suhu yang telah anda atur tercapai. Lampu indicator pada mesin akan berubah menjadi hijau apabila suhu telah mencapai panas yang telah di atur sebelumnua.
  7. Setelah lampu indicator berwarna hijau, Proses pengemasan / penyegelan kemasan siap di lakukan.
  8. Siapkan plastik kemasan yang akan di segel.
  9. Masukan ujung kemasan pada bagian sealing mesin selama beberapa detik hingga proses sealing selsai di lakukan.
  10. Kemudian tarik keluar plastik kemasan yang telah di sealing

 

Catatan : setelah mencapai 4 jam masa produksi,  Istirahatkan mesin selama 30 menit hingga 1 jam. Kemudian setelah itu, anda bisa melanjutkan proses produksi kembali.